Akupunktur atasi central serous choroidopathy

Salam sehat, akupunktur ternyata sangat efektif atasi penyakit mata central serous choroidopathy (CSR) atau bayangan hitam yang selalu mengikuti arah gerakan mata. Contoh kasus ini perlu saya tulis agar masyarakat tahu efektifitas akupunktur dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Kasus ini berasal dari email Dr. Marchus.

akupunktur-atasi-central-serous-choroidopathy

“Saya mendapat tantangan pasien langka…keluhannya mata kiri ada bayangan hitam selalu mengikuti arah gerakan mata. Dokter mata bilang ada g3 di syaraf mata…ada oedem (bengkak) sekitar syaraf. Pasien ini perkerjaan sehari – hari di depan komputer, jadi ada rangsangan cahaya masuk mata secara over dosis. Pasien buka internet, ternyata alternatif terapi dengan akupunktur. Dia langsung menemui saya untuk konsultasi dan terapi..”

Secara medis central serous choroidopathy (CSR) atau bayangan hitam selalu mengikuti arah gerakan mata merupakan kelainan makula lutea berupa penimbunan cairan yang mengakibatkan edema makula. Penyakit ini menyerang dewasa muda usia 20 – 50 tahun. Laki – laki lebih banyak terkena daripada perempuan. Pasien biasanya mengeluh adanya penurunan ketajaman penglihatan, melihat benda serasa menjadi lebih kecil, penurunan penglihatan warna dan kontras.

Patofisiologi penyakit ini belum diketahui (idiopatik). Central serous choroidopathy (CSR) diduga berhubungan dengan stres dalam kehidupan, maka edukasi pada pasien CSR adalah pasien harus menghindari situasi stres (tertekan).  Pasien dapat mengurangi stres dengan berolahraga, meditasi, banyak silaturahmi, berdoa dll. Penyebab lain diduga penggunaan kortikosterodi dalam waktu lama, hipertensi sistemik, kehamilan, pemakaian antibiotik, konsumsi alkohol, hipertensi tidak terkontrol dan penyakit nafas alergi.

akupunktur-atasi-central-serous-choroidopathy 2

Akupunktur berperan sangat penting dalam mengatasi penyakit ini. Dalam TCM (Traditional Chinese Medicine) organ mata dipengaruhi oleh empat meridian yaitu meridian ST (lambung), GB (kandung empedu), BL (kandung kemih) dan Liver (hati). Pada pasien CSR ini kelemahan terletak di organ BL (kandung kemih) dan Liver.  Pasien mengkonfirmasi kelemahan kandung kemih dan hati dengan merasa sakit saat titik akupunktur BL (kandung kemih) dan Liver ditekan. Dalam kitab klasik akupunktur dikatakan bahwa “mata adalah jendela hati”…dan kandung kemih adalah bagian dari Tayyang. Jika diterjemahkan dalam tubuh Tayyang adalah bagian atas tubuh, lateral, belakang, pergerakan aktif, penyerap informasi. Dan organ mata adalah organ dimana terletak di atas, pergerakan aktif, dan sebagai penyerap informasi dari luar tubuh.

Pada pasien ini dilakukan penusukan pada titik Liver dan kandung kemih. Jika dirangkai maka membentuk combo Jueyin-Tayyang….titiknya Lv3,Lv8-Si3Si4…..Bl67, Bl65, Bl62, Bl60, Gb37 (titik special keluhan mata)-Pc7,Pc6 dan Pc3. Pasien merasa nyaman setelah 2 bulan terapi dengan hasil bintik hitam mengecil dan bulan ke 3 bintik hitam yang mengikuti gerakan mata sudah menyebar.  Demikian share tentang akupunktur atasi penyakit central serous choroidopathy. Semoga bermanfaat.

griyanatura akp

 

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta