Akupunktur dan Kesuburan Laki-Laki

Salam sehat, salam setia pembaca web griyanaturasolo.com

Akupunktur untuk problem reproduksi cukup aman dengan efek samping yang hampir nihil, karena memperhitungkan kondisi lingkungan dan biologi ; dan dalam akupunktur dikenal organ yang berperan adalah ginjal, limpa, hati, kandung kencing, dan lambung serta meridian CV, GV dan Chong Mai. Salah satu penelitian yang dipercaya menghasilkan bukti dari hipotesa meridian GV yaitu rangsangan listrik Baihui (Gv20) dan Changqiang (Gv1), 10 menit dapat menurunkan kadar LH plasma selama 1-2 jam (Lin JH dkk, 2001)

Reproduksi dan Fisiologi Akupunktur

Fungsi gonad dan perilaku seksual di bawah pengaruh HPG (Hypothalamus-Pituitary-Gonadae) Axis yang merupakan kesatuan yang kompleks untuk tujuan reproduksi. Pada mamalia, stimulasi visual, pendengaran, penciuman dan perabaan di kirim ke otak dan ditranslasi pada hypothalamus untuk produksi GnRH (Gonadotropin Releasing Hormin) yang berlanjut pada kelenjar pituitary untuk sekresi LH (Luteinizing Hormon) dan FSH (Folikel Stimulasi Hormon) berakhir pada gonad untuk produksi hormon steroid yang merangsang ovulasi, spermatogenesis dan perilaku seksual.

Secara umum kedokteran dikatakan bahwa 50% dari kasus infertilitas pasangan adalah gangguan fertilitas laki-laki (Kumar & Clark, 1994). Dalam pandangan kedokteran medis penyebab infertilitas laki – laki adalah :

– Infeksi seperti parotitis dan prostatitis

– Inflamasi fisik

– Akibat obat ataupun bahan toksisk

– Kelainan anatomi, varicocle, antibody anti sperma

Pengobatan medis yang diberikan adalah terapi hormonal ataupun tindakan pembedahan untuk kelainan anatomis yang disertai dengan :

– Menghentikan kebiasaan merokok

– Menghentikan minum alkohol

– Mengurangi berendam dalam air hangat

– Tidak menggunakan celana yang ketat

2011-12-11 11.04.16

GANGGUAN KESUBURAN LAKI-LAKI SECARA TCM

1. Defisiensi qi ginjal dengan tanda testis kecil, penurunan testosteron, gangguan ejakulasi, auto imun, sperma dengan jumlah rendah, lemahnya mobilitas sperma.

2. Stagnasi qi dan darah dengan tanda varicocle (varises di testis)

3. Gangguan panas dan lembab di Jiao bawah dengan tanda prostatitis (radang kelenjar prostat)

Selain itu dapat dilakukan pemeriksaan Laboratorium mengenai volume sperma, mobilitas (gerak) sperma dan kekentalan sperma.

Beberapa titik akupunktur yang dapat memperbaiki fungsi reproduksi pria adalah Gv20, Gv4, Kid3, Sp9, Bl31, 32, 33, 34, St36, Li4.

fertilitas

RINGKASAN

Akupunktur dimanfaatkan sebagai terapi komplementer untuk problem fertilitas pada pria dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas terapi secara terintegrasi. Akupunktur dimanfaatkan untuk menstabilkan keseimbangan hormonal, baik ditingkat pusat maupun ditingkat intermediete dan tingkat perifer. Juga dimanfaatkan untuk tujuan perbaikan produksi sperma dalam jumlah, bentuk, mobilitas juga kualitas dan jumlah semen.

Konsultasi lebih lanjut hubungi : Griya Natura Akupunktur : SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F / Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta