Akupunktur Pada Nyeri Pinggang

Dalam suatu chat di Facebook seseorang bertanya, “Ada solusi buat nyeri pinggang (sakit dan panas) setelah berhubungan intim? Syukron…”

Nyeri pinggang — Penyakit ini sering muncul pada dewasa muda dan lansia. Riwayat penyakit biasanya di awali dengan terdengarnya bunyi ‘klik’ pada daerah lumbal saat melakukan aktivitas dan diikuti dengan rasa nyeri hebat di daerah tersebut. Pada kasus-kasus yang berat, rasa nyeri bertambah hebat apabila digerakkan, saat batuk, bernafas dan bersin sehingga mengganggu kualitas hidup pasien. Pada kasus-kasus ringan  biasanya diawali dengan rasa nyeri yang tidak begitu hebat. Rasa nyeri tersebut muncul pada saat berdiri, duduk, dan bersin sedangkan bernafas, batuk dan berjalan tidak memperberat rasa nyeri. Pada pemeriksaan palpasi di daerah lumbal didapatkan rasa nyeri maupun ketegangan otot.

Pinggang dalam anatomi TCM

Secara TCM, regio pinggang dilintasi oleh garis khayal (meridian) Tay Yang Kaki Kandung Kemih dan secara segmental pinggang dibawah tanggung jawab meridian Shao Yin Kaki Ginjal. Kedua meridian tersebut dalam teori 5 unsur masuk dalam elemen air. Jika ada keluhan di pinggang maka patut dicurigai ada kelainan pada meridian Tay Yang Kaki Kandung Kemih maupun Shaoyin Kaki Ginjal. Selain itu meridian Tay Yin Kaki Limpa perlu dilakukan konfirmasi juga mengingat otot adalah tanggung jawab dari meridian Limpa.

Defferensiasi Sindrom secara TCM

* Nyeri pinggang karena lemahnya qi ginjal

Manifestasi klinis : wajah pucat, badan lesu, ketulian, pinggang dan lutut menjadi lemah, urine jernih, enuresis, ejakulasi spontan, keputihan berlebihan, gangguan janin, lidah pucat dengan lapisan putih dan nadi lemah

* Nyeri pinggang karena deffisiensi Yang Ginjal

Manifestasi klinis : wajah pucat keabu-abuan, lemah dan nyeri pinggang dan lutut, badan dan ekstrimitas dingin, takut dingin, menggigil, pening, pusing, lesu, impotensi, infertilitas, diare menjelang pagi hari, edema, urine jernih, napas pendek-pendek, batuk, lidah pucat dengan lapisan putih, serta nadi lemah dalam.

* Nyeri pinggang karena deffisiensi Yin Ginjal

Manifestasi klinis: nyeri pinggang, dan lutut,  pening, pusing, gelisah, susah tidur, sering bermimpi, tinnitus, ketulian, potensi seksual berlebihan, ejakulasi spontan, menstruasi sedikit atau berlebihan, badan kurus, demam pada sore hari, berkeringat pada malam hari, pipi merah, mulut kering, rasa panas pada telapak tangan dan kaki, urine berwarna kuning, feses kering, lidah berwarna merah dan kering, serta nadi cepat dan lemah.

Terapi Akupunktur

Titik utama untuk mengatasi nyeri pinggang adalah Si3, Bl40, Bl65, Bl23, Bl24, Bl25, Lu5, Kid3 Kid7. Cara penusukan : gunakan jarum 0,5 – 1 cun dan pasien diarahkan untuk menggerak-gerakkan pinggang yang nyeri. Jarum diletakkan selama 30 menit. Untuk menambahkan efek deal nyeri yang lebih powerfull maka diperlukan bleed titik Bl40. Bagi para praktisi harap diperhatikan untuk standard prosedur terapi bleeding ini. Pada nyeri fase akut 2-3 kali visit keluhan sudah clear, bagi fase kronis (menahun) diperlukan ketelatenan dalam terapinya.

PEMBAHASAN KASUS

Pada kasus diatas seseorang dengan keluhan pinggang panas dan sakit setelah berhubungan adalah karena nutrisi esensial yang ada di ginjal sudah berkurang banyak. Tatalaksananya selain akupunktur tentunya dengan memperbanyak nutrisi terutama daging, kuning telur dll, sayuran dan air yg cukup kemudian dikombinasi  semuanya dengan olahraga. Jika hal ini diteruskan (tidak diobati) otomatis kerusakan semakin parah seperti mobil kurang oli tapi dipaksa jalan. Maka organ akan panas dan terjadi keausan pada jaringan. Lama perbaikan tergantung dari tingkat keparahannya.

Tanda perbaikan, rasa pada pinggang hilang, badan semakin segar dan fit, tekstur kulit dan rambut membaik halus kenyal tampak lebih muda, air mani tambah kental dan banyak, putih mata bersih, ingatan kuat, ini sebagian tanda yang dominan untuk masalah tersebut.

Screenshot_2013-10-13-08-10-49Salah satu  teman sejawat bercerita “Dalam salah satu ceritanya Shudo Denmai sakit pinggang. Kemudian masternya menyuruh dia berbaring dan ditusuklah hanya titik Kid3 dalam hitungan menit sakit pinggangnya berangsur-angsur hilang dan setelah selesai pengobatan sakitnya juga hilang. Terinspirasi oleh cerita Shudo Denmai maka saya mencoba juga pasien dengan sakit di daerah pinggang, saya hanya tusuk titik Kid3. Dan sudah sembilan pasien saya uji cobakan. Kemarin ada pasien saya untuk sakit pinggang (merupakan pasien ke-10 dengan teknik hanya titik Kid3) dan hasilnya OK banget…”

Salah satu dokter senior akupunktur berkomentar tentang akupunktur analgesia  “Mekanisme akupunktur dalam menghasilkan analgesia adalah melalui teori gate kontrol di medulla spinalis, jalur inhibisi naik ke beberapa level (medula oblongata, batang otak, kompleks hipotalamus-hipofise), jalur modulasi turun dari otak ke medula spinalis dan neurotransmiter inhibitor (penghambat rasa nyeri) seperti beta endorfin, enkefalin, dinorfin, serotonin dan nor adrenaline.”

Akupunktur sebagai bagian terapi fisik mempunyai peran utama untuk menghilangkan nyeri atau mengurangi nyeri dan spasme otot daerah pinggang dapat dimanfaatkan untuk komplemen bersama dengan terapi lain seperti medikamentosa.

griyanatura akp

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta