Salam sehat,

Pembahasan kali ini akan berkaitan dengan terapi kombinasi dalam mengatasi frozen shoulder (keluhan nyeri+bahu tidak bisa digerakkan) yang sudah kronis.

Frozen shoulder adalah kelainan yang cukup sering didapat pada olahragawan ataupun usia lanjut dan sering penyebabnya tidak diketahui oleh penderita. Penyakit ini terjadi adanya gangguan pada kapsul sendi bahu bisa diawali oleh trauma, salah posisi atau keseleo. Kapsul sendi mengalami perlekatan sehingga terjadi keterbatasan gerak sendi bahu dari yang ringan sampai yang paling berat.Menurunnya gerak bahu karena kurang lenturnya otot-tendon, menurunnya aliran darah dan oksigenasi dan akhirnya terjadi pemendekan dari serabut otot, serabut kolagen, yang menimbulkan nyeri bahu.

Frozen shoulder yang akut / baru dialami 1-2 minggu biasanya akibat gangguan qi, hemodinamika, aliran darah terganggu, kekentalan darah, kurang olahraga dan usia tua. Dalam pengalaman dengan akupunktur 3-4 kali visit sudah memuaskan (nyeri hilang+bahu sudah bisa digerakkan).

Tetapi jika frozen shoulder sudah dalam keadaan kronis/menahun tatalaksananya akan berbeda. Protokol yang disarankan oleh Dr. Marcus, Sp.RehabMedik untuk frozen shoulder kronis dalam 1 minggu terdiri dari :

1. Terapi akupunktur

2. Terapi SWD (Shortwave Diathermi)

3. Terapi USD (Ultrasound Diathermi)

4. Stretching (peregangan)

Dalam pengalamannya beliau menceritakan, “Untuk terapi SWD dan USD umumnya di Rumah Sakit di bag fisioterapi atau klinik-klinik fisioterapi, masalahnya ….setelah dilakukan akupunktur….lalu diSWD dan USD pasien perlu dilakukan stretching atau peregangan, nah di Rumah Sakit hal ini sering terlewati …mungkin pasien terlalu banyak jadi nggak sempat atau kurang care thd pasien? Di klinik, saya sebagai penanggung jawab dan sebagai pelaku terapi, semuanya dilakukan baik akupunktur maupun SWD,USD dan manipulasi stretcing, maka terbukti hasilnya sangat sempurna, tapi pasien ini kebetulan mintanya perfect….tidak mau sisa sedikitpun..makanya dia datang hampir tiap hari….total 3bulan sembuh 100%…”

Jadi, protokol untuk terapi frozen shoulder kronis ini harus dilakukan oleh pasien dengan rajin+telaten. Gangguan pergerakan tangan seperti ini sangat menganggu dalam aktivitas sehari-hari (memakai baju, mandi, menyisir rambut, bekerja dll).

Rasulullah SAW bersabda, “Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan sedekah dan hadapilah segala cobaan dan bahaya dengan doa serta rendah hati.” (HR. Abu Hurairah)

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta