Herbal Infeksi Saluran Kencing

alang2Ada seseorang yang bertanya, “Saya mau menanyakan, bagaimana obat herbal untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing? Kalau pas kencing sakit dan perih. Sebagai gambaran saya sudah habis banyak ke dokter sampai tes urin di Lab.Katanya ada bakteri, menebus obatnya di apotik sangat mahal tetap tidak sembuh. Secara fisik saya sehat, tapi ya itu kalau kencing perih. Tolong dibantu. Terimakasih.” IndahLestari 35 Tahun.

JAWAB :
Dear Indah, infeksi saluran kencing (ISK) merupakan penyakit peradangan di saluran kemih. Wanita lebih banyak terserang penyakit ini daripada pria. Baik akut maupun kronis disebabkan karena bakteri yang mengiritasi dinding dalam dari Kandung Kemih. Infeksi saluran kencing akut ditandai dengan seringnya nyeri abdomen (perut) bawah, kencing yang menetes dan nyeri, disertai adanya darah pada saat kencing. Frekuensi kencing menjadi lebih sering pada siang hari dibanding malam hari. Manifestasi klinis infeksi saluran kencing kronis hampir sama daripada yang akut, hanya saja lebih ringan.

Secara TCM, infeksi saluran kencing dikategorikan sebagai sindrom lin dan disebabkan oleh faktor PPL (penyebab penyakit luar) atau faktor lembab panas yang menumpuk di Jiao bawah.

Diferensisasi sindrom untuk kasus ini ada 2 macam, yaitu :

1.ISK disebabkan dominan lembab dan sedikit panas, mempunyai karakter kencing sering, menetes, nyeri dengan warna sedikit kuning keruh   disertai nyeri lumbal (pinggang bawah), mual, muntah, tidak ada nafsu makan, lidah pucat selaput kuning dan nadi lambat, licin.

2. ISK disebabkan dominan panas dan sedikit lembab, mempunyai karakter kencing sering, menetes, nyeri, kencing disertai darah, nyeri di lower abdomen (perut bawah) dan pinggang bawah, demam, haus disertai keinginan minum dingin, susah BAB, lidah merah dengan selaput kuning dan nadi kuat penuh.

Herbal : Merujuk tulisan Hembing (2008) herbal infeksi saluran kencing terdiri dari 60gr akar alang-alang segar+60gr rambut jagung+30gr pegagan segar. Cara memasak : cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800cc air hingga tersisa 400cc, lalu saring. Minum 200cc sehari 2kali.

Penanganan Akupunktur : ISK dengan dominan lembab dapat ditusuk titik Tayyin-Tayyang-Yangming, sedangkan ISK dengan dominan panas dapat ditusuk titik Tayyin-Shaoyang, jangan lupa bagi teman-teman akupunkturis untuk bleed Bl40 yang secara powerfull akan mengurangi nyeri di lowerback, menurunkan tensi, memperlancar BAB.

Perawatan : banyak minum air putih, jangan menunda buang air kecil, usahakan buang air kecil sesudah berhubungan suami istri, ganti pakaian dalam setiap hari dan pilih bahan katun.

Semoga bermanfaat.

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta