Kedelai Hitam dan Usia 99tahun

Kedelai hitam adalah jenis biji-bijian atau yang dikenal dengan nama latin Glycine max (L) Merrit ini adalah komoditas pertanian unggul yang memiliki banyak manfaat yang berguna. Kecap, tempe, tahu, susu, dan lain-lain adalah beberapa contoh produk olahan dari kedelai hitam.

MANFAAT UNTUK KESEHATAN

-Antioksidan : dalam kulit kedelai hitam merupakan antioksidan yang potensial untuk mencegah proses oksidasi dini & penyakit degeneratif. Mengandung senyawa yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.

-Penurun kadar kolesterol : kandungan isoflavon dan antosianin dari kulit kedelai hitam dapat memperbaiki profil lemak yaitu menurunkan kolesterol, trigliserid, dan juga mengurangi tekanan darah.

-Mencegah penyakit jantung koroner :  antosianin dari kulit kedelai hitam mampu menghambat oksidasi LDL kolesterol diamana oksidasi kolesterol merupakan awal terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang memicu tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

Kaya Gizi : mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti zat gizi, makro (karbohidrat,lemak, dan protein). Zat mikro (vitamin A, B, C dan K) serta macam-macam mineral (kalsium, magnesium, fosfor, natrium, kalium, zat besii)

-Pelancar Pencernaan : Serat dalam kedelai hitam bisa memperlancar sistem pencernaan tubuh yang mengalirkan zat-zat racun keluar dari tubuh dan juga bahan alami pencegah diare.

-Imun Tubuh : peptide yang terdapat pada kedelai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit.

-Mengurangi kerusakan ginjal : protein kedelai lebih mudah diterima ginjal hingga dapat meringankan kerja ginjal.

-Pada kesempatan kali ini, share dari seorang teman akupunkturis saya (Bp. Franky Gozali) dalam hal rutinitasnya mengkonsumsi kedelai hitam ini. Serta kesaksian dari guru saya (Mr. Teddy Kusnadi) perihal neneknya yang sering konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk prosedur penyajiannya bisa disimak sebagai berikut :

Ambil kedelai hitam segenggam, beri air 3 gelas, rebus. Waktu MENDIDIH PERTAMA KALI, matikan kompor. JANGAN SAMPAI kedelai hitam nya PECAH. Saring, lalu diminum. “Saya sudah minum itu (kedelai hitam) selama 9 tahun ini. 3 tahun pertama tiap hari, tanpa ada terlewati, setelah itu sampai sekarang 2 kali seminggu. Sangat bagus untuk tonik ginjal” (Franky Gozali)

“Kedelai Hitam bisa dipakai untuk tonik ginjal secara umum, bisa diminum siapa saja. Manfaat yang diperoleh tidak bisa langsung dirasakan secara instan, membutuhkan waktu. Setidaknya kalau rajin minum, manfaat akan terasa dalam kurun waktu 1 bulan – 3 bulan. ooo iya, perhatikan cara memasaknya ya…, sebab apabila sampai pecah akan meningkatkan kadar asam urat.. . Kedelai hitam yang telah direbus tidak bisa dipakai lagi”.

Selanjutnya dalam diskusi guru saya menyambung, “Bro Franky Gozali, saya jadi inget nenek saya umur 99thn,.. seminggu 2x makan sop kaki ayam + kedelai hitam,…. dia bilang utk sehatin tubuh,….. rupanya kedelai hitam itu tonik utk Ginjal yah…”

Teman-teman pembaca web Griya Natura bisa mulai untuk mengkonsumsi kedelai hitam untuk menyehatkan organ ginjalnya. Sebagaimana kita ketahui ginjal sangat lah penting bagi tubuh manusia. Dalam TCM organ ginjal masuk sebagai tatanan Shao Yin  yang berfungsi dalam pemadatan material di tubuh, berhubungan dengan shen/kesadaran. Dalam teori lima unsur, ginjal bersama kandung kemih termasuk dalam elemen air. Elemen air terdapat pada jiao bawah yang berfungsi menjaga sirkulasi cairan, sebagai ‘cooling system’ / pendingin, sebagai sistem reproduksi, sistem eliminasi, penyimpan saripati (essence), terbuka di telinga.

Tanda-tanda sakitnya organ ginjal versi medis+TCM adalah nyeri pinggang, batu ginjal, lemahnya tulang, osteoporosis, pelupa, udema kaki, ekstrimitas (tangan+kaki) susah digerakkan, infertility, sulit bicara/gagap, insomnia, hypertiroid,gangguan otak.

“Hakikat kehadiran pengobat, baik dokter, akupunkturis, shinse maupun yg lain adalah untuk meniadakan sakit…. Manusia hanyalah pengobat (perantara belaka), bukan penyembuh karena kesembuhan seseorang merupakan perogratif Tuhan…. semoga kita dpt menjadi pelayan untuk sesama sebagai ibadah kita kpd Tuhan…. ”

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta