Khasiat 3 Bawang Bumbu Dapur

Dear pembaca setia web GriyaNatura, kali ini share artikel tentang khasiat 3 bawang bumbu dapur. Apa saja itu?

1. Bawang merah

Bawang merah sebagai salah satu bumbu yang merupakan bahan penting untuk masakan, baik dalam rumah tangga maupun dalam industri makanan. Bawang merah termasuk dalam familia marylidaceae. Bawang merah memiliki kandungan flavonglikosida dan saponin. Pemanfaatan obat biasanya digunakan untuk obat luar dengan cara diparut dan dicampur minyak sayur  +minyak kayu putih/minyak telon. Secara tradisional bawang merah digunakan untuk :

* Mengatasi radang *Pembunuh bakteri * Pengencer dahak *Menurunkan panas *Menghangatkan badan *Memudahkan buang angin *Melancarkan air seni *Mencegah penggumpalan darah *Menurunkan kolesterol *Menurunkan kadar gula darah

Umbi lapisnya mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan vitamin C

2. Bawang putih

Bawang putih atau sering disebut garlic sudah lama dikenal sebagai bumbu masakan. Tanaman berbentuk rumput ini berumbi putih yang beraroma tajam, karena mengandung sejenis minyak atsiri, yaitu metal alil disulfide. Rasanya pedas dan panas. Bawang putih yang berkhasiat obat dan biasa digunakan untuk mengobati penyakit adalah bawang putih tunggal atau “bawang lanang”. Penggunaannya bisa dikupas dan direndam ke dalam madu murni atau madu mahkotadewa selama 3 minggu baru kemudian dikonsumsi. Khasiat bawang putih untuk :

*Menurunkan kadar kolesterol *Menurunkan hipertensi *Mengatasi sakit kepala *Mengobati disentri *Mengatasi cacingan *Menghilangkan nyeri haid *Menghilangkan migraine

3. Bawang bombay

Adalah antibiotik yang membantu melindungi sistem sirkulasi dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsinya dapat mengurangi sakit perut, sesak napas, dan infeksi saluran kencing. Bawang bombay juga mempunyai khasiat seperti apel yaitu meringankan sakit rematik dan encok. Dari beberapa hasil penelitian ilmiah, Bawang Bombay juga baik untuk jantung, dapat mencegah pengumpalan darah, menurunkan kadar lemak darah, menurunkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis, mengandung vitamin C.

So…gunakan sesuai porsinya ke 3 bawang bumbu dapur ini. Bisa jadi penyakit yang ada pada diri kita sekarang dikarenakan kekurangan salah satu dari 3 bawang tersebut. Selamat mencoba :)

Sumber : Ningharmanto

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta