Nyeri Tumit

Painful of the fascia between the heel and metatarsal is plantar fascilitis and most common causes including wearing high heels, gaining weight and increase in running exercises. Acupuncture improved after acupuncture electro stimulator and significantly decrease in subjective pain, effective relieved pain and inflammation

hell spur

Gambaran Klinis Nyeri Tumit

Rasa nyeri di daerah plantar terutama jika digerakkan yang menimbulkan regangan fascia plantaris, pada awalnya hanya jika kaki tidak aktif dalam jangka waktu relatif lama seperti tidur, maka setelah bangun dan pertama kali menapakkan kaki akan terasa nyeri pada telapak kaki. Dengan bertambah parahnya inflamasi plantar fascilitis maka rasa nyeri didapat setiap gerakan menapakkan kaki. Bisa juga terjadi nyeri saat terlalu lama berdiri, timbul setelah olahraga.

Tes dan Diagnosa : dapat dilakukan melalui rontgen atau MRI

Penanganan dengan Akupunktur

Diagnosa akupunktur dilihat dari area meridian yang sakit, hal ini kalau kita lihat area telapak kaki, maka area itu melibatkan meridian Shao Yin Kaki Ginjal. Kalau kita lebih cermat lagi area telapak kaki merupakan area paling Yin/the most Yin. Jika merujuk pada teori Yin Yang, maka Yin berarti bawah/inferior, statis, dingin, gelap, lambat, horizontal dll.

Untuk mengatasinya diperlukan titik-titik yang berlawanan dari area sakit, dalam konsep akupunktur I Ching Ba Gua  dimana sakit dibawah akan diambil titik akupunktur area atas. Salah satu titik yang powerfull adalah GV20 (Ba Hui) dimana titik ini adalah The most Yang acupoint yang secara signifikan akan mengurangi nyeri area lutut ke bawah. Cara penusukan : gunakan jarum 0,5 cun serarah meridian GV. Pada saat jarum tertancap, penderita kita minta untuk menggerak-gerakkan kaki yang sakit setiap 10 menit. Dalam waktu 30 – 40 menit umumnya penderita akan langsung merasakan nyeri di telapak kakinya lebih ringan. Jika sampai tidak terjadi, maka diperlukan tambahan titik akupunktur lain sesuai dengan pemeriksaan saat terapi.

Terapi Fisik yang Lain :

1. Podometris ; dengan memperbaiki alas kaki baik sehari – hari maupun untuk olahraga dengan daya lentur yang dapat menahan berat tubuh, penahan arcus pedis yang kuat.

2. Latihan : gerakkan untuk ankle dan kaki sebelum menapakkan kaki setelah aktivitas tidur yang relatif lama

3. Terapi panas baik dengan meredam air hangat dan dingin bergantian (3 menit dan 1 menit) sampai penggunaan SWD, MWD dan USD.

 

Guru saya berpendapat soal pemakaian sepatu high heel penyebab nyeri tumit ini, “Pada kenyataannya, efeknya jauh lebih mengerikan dari sekedar heel spur dan plantar fascitis (nyeri tumit)……, karena bisa pengaruh ke lutut, hip, lower back, upper back, leher +bahu,… bahkan juga pengaruh ke tekanan darah dan siklus mensturasi jika tidak diperbaiki……, So…fashion cost a lot of money n health…”

–GRIYANATURA AKUPUNKTUR–

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta