Olahraga untuk kelebihan berat badan

Seseorang bertanya, “Saya mau tanya, olahraga apa yang maksimal membuat kita diet tanpa harus konsumsi suplemen atau herbal? Berat saya 80kg, tinggi 165cm. Terimakasih dan salam sehat.”

JAWAB :

Terimakasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan. Untuk olahraga dalam membantu penurunan kelebihan berat badan antara lain :

1. Berenang, renang akan mengencangkan semua otot badan

2. Sit up, dengan berbagai variasi akan mengencangkan otot – otot perut dan menguatkan sistem cerna dan organ pembuangan

3. Spleet dan latihan tendangan dengan berbagai variasi akan membuang kelembapan penyebab unsur air dan lemak tertahan

4. Hula hop dan senam pinggang akan membantu dalam mengecilkan pinggang

5. Berdiri jongkok dengan beban bertahap dan loncat – loncat akan menguatkan pinggang dan lutut sehingga ginjal akan lebih kuat dan sehat

Semua gerakan ini menguras tenaga, jika rutin maka imbangi dengan makanan yang bergizi dan alami, serta perbanyak minum. Saya jadi teringat dengan pasien saya wanita sebut saja Ny. EN yang berusia 43 tahun. Dalam pandangan saya Ny EN ini masih singset, dimana saat saya melakukan pemeriksaan palpasi di area tangan dan kaki, ototnya begitu kuat dan kencang. Struktur perut dan pinggangnya masih dalam ukuran normal. Ketika saya tanya olahraganya apa Bu sampai badannya tampak begitu ideal? Ny EN menjawab, “Saya rutin seminggu sekali aerobik Mas, pagi-pagi bertelanjang kaki jalan-jalan disekitar rumah dengan begitu ukuran badan saya tetap ideal”

Menurut hemat saya, anjuran Ny EN ini layak diperhitungkan. Dengan biaya yang sangat murah sekali kita bisa mendapatkan tubuh yang ideal tanpa harus minum susu ini itu, diet ini itu dll. Selamat mencoba :)

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta