Salam sehat,

Para pembaca sekalian kali ini kami akan memaparkan tentang pasien bell’s palsy yang berhasil diterapi dengan akupunktur.

Pengertian Bell’s Palsy adalah disfungsi syaraf kranial VII yang menyebabkan ketidakmampuan untuk mengontrol otot – otot wajah pada sisi yang terkena.

Penyebab Bell’s Palsy yaitu beberapa virus diperkirakan sebagai faktor pemicu (ex : virus zoster di wajah). Bisa juga karena trauma, faktor lingkungan dan atau emosi (berfikir), stres fisik (trauma). Akan tetapi penyebab utama bell’s palsy belum bisa dipastikan (idiopatik).

Tanda dan Gejala Bell’s Palsy : melorotnya wajah pada paruh yang terpengaruh, ditandai oleh ketidakmampuan untuk mengontrol gerakan pada otot wajah.

Manifestasi Bell’s Palsy : lakrimasi, hilangnya alur nasolabial. penyimpangan mulut ke pipi, gusi dan air liur, ketidakmampuan mengerutkan kening, mengangkat alis, membusungkan pipi, bisul dan mungkin ada nyeri / sakit di daerah mastoid pada tahap awal.

Menurut TCM, bell’s palsy dikategorikan kelumpuhan di wajah sebagai penyimpangan dari mulut. Ini terjadi karena kekurangan qi anti patogen yang memungkinkan invasi meridian oleh angin dingin eksogen mengakibatkan obstruksi qi dan darah di meridian dan kurangnya pasukan nutrisi ke otot wajah. Meridian yang terkena : Lambung (ST), Usus kecil (SI), Kandung Empedu (GB) dan Sanjiao (SJ).

Ny. S (40tahun), Lampung, Sumatra menderita bell’s palsy ┬ásekitar bulan Mei 2013, terapi klinik akupunktur selama 9kali di Solo.

IMG-20130630-WA0007

Ny. T (55tahun), Banjarnegara, Jawa Tengah menderita bell’s palsy sekitar bulan Agustus 2013, terapi akupunktur selama 10kali.

Bellp2

Ny. W (55tahun), Banjarnegara, Jawa Tengah menderita bell’s palsy sekitar bulan September 2013, terapi akupunktur selama 8 kali.

bell pas

Bp. P (45tahun), Banjarnegara, Jawa Tengah menderita bell’s palsy sekitar bulan April 2013, terapi akupunktur selama 10kali.

Bellp

Dalam hal bell’s palsy akupunktur sangat membantu dalam proses penyembuhan pasien. Sebagai klinik akupunktur di Solo, Griya Natura Solo akan memberikan pelayanan maksimal sehingga pasien – pasien bell’s palsy nantinya akan menjadi lebih baik struktur wajahnya dan dapat kembali memperoleh kepercayaan dirinya. Akan sangat mengganggu apabila pekerjaan pasien yang terkena bell’s palsy adalah selalu bertemu dengan orang/customer/murid dll.

Kesehatan Anda adalah aset yang berharga yang Anda miliki.

griyanatura akp

 

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta