Penanganan Diare Pada Balita Anda

Salam sehat, berikut beberapa langkah efektif untuk penanganan diare pada balita Anda.

1. Diusahakan untuk memberikan cairan sesering mungkin berupa ASI lebih sering. Ibu hendaknya cukup cairan dan nutrisi agar persediaan ASI-nya lebih banyak. Air zam-zam atau air putih yang dibacakan surat AlFatihah. Tambahkan air kelapa untuk anak usia lebih dari 2 tahun.

2. MADU, diberikan tiap 2jam  sekali dengan takaran 1 sendok teh intuk anak dibawah 1 tahun. Tambahkan takaran bila usia anak lebih besar. Bila badannya panas, cairkan dengan air dingin dan bila tidak panas cairkan dengan air hangat.

3. Bila muntah : cairan madu ini tetap diberikan selang 10-15 menit muntah (diulang). Disini perlu ketelatenan dan kesabaran ibu. Tambahkan zaitun untuk menenangkan rasa mual.

4. Bila diare berlanjut (lebih dari 2 hari) berikan minyak habbatussauda (3x 2-5tetes) atau bila 2 hari lagi belum berkurang juga, tambahkan biang kunyit yang diparut atau diblender sebesar kurang lebih 1jari dicampur air matang 1 sendok makan, disaring dan lakukan hal tersebut 3kali sehari dicampur dengan madu. Kunyit ini bermanfaat sebagai antibiotik.

5. Semakin parah? Segera bawa ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan

NB : Madu, jika anak umur kurang dari 2tahun harus menggunakan madu khusus (madu yang sudah diformulasikan agar gas dan kadar asamnya sesuai dengan lambung bayi).

Demikian langkah – langkah penanganan diare pada balita Anda. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Anda adalah aset yang berharga yang Anda miliki. Salam, GriyaNaturaSolo Phone 085 799 111 937