Peran Akupunktur Pada PCOS (Poly Cystic Ovarian Syndrome)

PENDAHULUAN

Salam sehat, Penyakit pada wanita ini biasa dikenal juga dengan SPOK (Sindrom Ovarium Poli Kista).  Setiap 28 hari atau satu siklus haid, umumnya terjadi pematangan satu folikel dari satu ovarium dan dilepaskan sebagai sel telur yang matang. Bila ovarium ini tidak berhasil melepaskan telur dari folikel, maka terbentuklah kista ovarium.

PCOS (Poly Cystic Ovarian Syndrome)

Kista ovarium merupakan kantong berdinding tipis berisi cairan yang berada di dalam ovarium. Folikel yang berdiameter lebih dari 2 cm disebut kista ovarium. Hal ini dapat terjadi pada wanita sehat, tapi bila terdapat dalam jumlah yang lebih akan mengganggu pertumbuhan dan pematangan sel telur, sehingga tidak terjadi ovulasi.

PCOS adalah sindrom adanya kista ovarium disertai kelainan produksi endokrin kompleks berupa meningkatnya hormon androgen, diabetes yang resisten insulin, risiko kardiovaskuler dll.

GEJALA

Gangguan ovulasi, gangguan haid, jerawat, penambahan berat badan, pertumbuhan bulu yang berlebihan di daerah laki-laki seperti kumis, bulu di lengan dan tungkai.

PCOS dan INFERTILITAS

Karena tidak terjadi ovulasi, maka haid pun tidak datang sehingga mengganggu kesuburan dan terjadilah infertilitas.

ANGKA KEJADIAN

Angka kejadian PCOS 4-7 % dari wanita usia subur. Biasanya PCOS terdiagnosa setelah sekian tahun menikah belum juga hamil dan memeriksakan diri ke dokter kandungan.

kista3

AKUPUNKTUR dan PCOS

Dalam bidang gynecolog, akupunktur sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah seperti pada penyakit PCOS ini. Tusukan jarum ke dalam tubuh akan mempunyai efek yaitu :

* Mengatasi kista ovarium, dalam hal ini kista dengan ukuran dibawah 7cm

* Melancarkan siklus haid

* Membantu memperkuat rahim (uterus) agar tidak terjadi keguguran

* Merangsang sirkulasi darah ke area panggul, ovarium, sehingga dapat membantu proses pertumbuhan dan pematangan folikel.

* Meningkatkan kerja hormon reproduksi.

kista4

Selain itu, terapi mandiri dirumah bisa dilakukan seperti : Diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan, Perbanyak makan sayur dan buah yang kaya vitamin A, karotenoid dan vitamin B serta menghindari daging, keju, gorengan, alkohol, kafein; serta kurangi gula dan produk sintetis makanan yang berpengawet.

Semoga bermanfaat.

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta