Ptosis Karena Diabetes

Salam sehat, pada kesempatan kali ini share kasus yang cukup menarik, yaitu pengalaman teman sejawat saya yang sukses menterapi pasien dengan ptosis (kelumpuhan kelopak mata) karena diabetes dan meniadakan opsi bedah yang sebelumnya akan dijalani.

ptosis akppTeori Medis, ptosis adalah turunnya kelopak mata bagian atas, dapat mengenai satu atau dua mata sekaligus. Etiologi : congenital (bawaan), timbul kemudian saat hidup, gangguan fungsi musculus elevator, lumpuhnya nervus III (okulomotorik), jaringan penyokong tidak baik. Faktor risiko : diabetes, stroke, hormers syndrome, myasthenia gravis (suatu kelemahan otot akibat autoimmune), dan tumor otak/kanker yang dapat mempengaruhi reaksi saraf dan otot. Gejala : salah satu/kedua kelopak mata turun, kelopak rawan robek

Teori TCM, Diagnosa ditegakkan dengan melihat dari mata itu sendiri. Dimana mata dipengaruhi oleh meridian Liver, Gallbladder, Bladder, Stomach, dan Sanjiao. Jika lebih cermat lagi maka ada 8 meridian yang terlibat yaitu Jueyin, Yangming, Shaoyang, dan Tayyang. Namun harus diakui pemilihan meridian yang tepat akan membantu dalam tercapainya kesembuhan pasien. Perangkat diagnosa seperti nadi, hara, lidah, dan palpasi meridian akan lebih membantu dalam menyimpulkan strategi terapi apa yang sesuai dengan kondisi pasien.

Semula teman saya bertanya,

Mohon share kepada teman-teman adakah yang pernah menangani pasien dengan diagnosa PTOSIS?,…Pasien sudah konsul dr. saraf,..advice operasi,..terus konsul bedah,..eh malah di rujuk ke Akupunktur….please,…sharenya,…Thanks”

Secara TCM, diabetes mellitus disebabkan karena terlalu banyaknya makanan berminyak atau kotor yang melemahkan limpa dan lambung dengan hasil akumulasi panas dan lembab di dalam tubuh, kekacauan mental yang berakibat pada stagnasi qi hati atau karena terlalu sering beraktifitas seksual yang mengkonsumsi Yin ginjal. Organ yang terlibat adalah Spleen, Stomach, Sanjiao dan Liver.

picmix-1572013-74023Secara historis, pasien laki-laki 60 tahun sudah melakukan konsultasi dan berbagai macam cek Lab dirumah sakit, mulai dari scanning, periksa syaraf, konsul dokter bedah, mata dan akhirnya akupunktu jadi rujukan terakhir. Dari beberapa kali diskusi, saya mengusulkan untuk kembali menggunakan prinsip identifikasi meridian yang bermasalah.  Jika melihat dari riwayat pasien yang menderita DM, maka konfirmasi meridian yang terlibat bisa kita simpulkan ada di Sp, St, Lv dan Sj. Dan setelah dilakukan visit sampai 15kali terapi…didapatkan hasil kelopak mata pasien dapat terbuka lagi dengan sempurna…Beberapa titik yang dianjurkan dalam terapi kelainan mata yaitu Gb37, Lv1,2, Sj2, St 37, Bl67.

Buka-tutup mata secara TCM

Gerakan menutup mata dipengaruhi oleh meridian Yangming kaki lambung, sedangkan gerakan membuka mata dipengaruhi oleh meridian Tayyang kaki kandungkemih, Shaoyang tangan sanjiao dan Shaoyang kaki kandungempedu. Pada penderita DM, terjadi ketidakseimbangan energi pada meridian Lambung sehingga alur meridian lambung yang melintas di tubuh akan mengalami gangguan, salah satunya alur yang didekat mata. Begitu juga dengan meridian Tay Yang Kaki Kandung Kemih, Shaoyang Sanjiao dan Shaoyang Gallblader serta Jueyin Liver. Gangguan diabetes yang menimpa pasien ini mengakibatkan kacaunya qi yang melintas pada organ mata.

Pada pasien ini yang memiliki riwayat DM, maka penyembuhan harus dilakukan secara rutin dan bertahap. Jika sampai menskip (menunda) jadwal terapi, maka akan semakin lama penyembuhannya. Banyak kejadian diklinik begitu pasien merasakan lebih enak kemudian menskip jadwal terapi yang seharusnya dilakukan sampai beberapa kali, walhasil jika kesehatannya belum stabil, akan timbul lagi sakit dikemudian hari. Riwayat penyakit DM sangatlah membuat rentan kesehatan seperti menimbulkan gagal ginjal, impotensi, penyakit kulit, penyakit mulut, lidah, dan mata serta imunitas yang menurun. Kesimpulannya : ketelatenan terapi+tepat diagnosa akan mempercepat kesembuhan pasien. Semoga bermanfaat.

Kesembuhan itu terletak pada 3 hal yaitu : Tepat diagnosa, Tepat obatnya dan Diijinkan sembuh oleh Alloh SWT

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta