Sharing Kasus Asma

Seorang teman sejawat mengalami problem sesak napas dan meminta saran bagaimana penanganan akupunktur secara cepat dan akurat pada kasus asma. Berhubung kehabisan jarum maka dilakukanlah akupressure (penekanan titik akupunktur dengan jari).

Screenshot_2013-12-11-21-09-31“…………………….Alhamdulillah sudah plong perpaduan totok / akupressure. Obat asma sudah dibuka, gak jadi diminum…he he..Udah tahunan gak minum kimia jadi takut. Alhamdulillah gak jadi dibawa ke Rumah Sakit. Sama sekali aku gak bisa ngomong karena harus irit napas.”

Asma dicirikan oleh bunyi dan nafas yang sulit karena halangan dan peradangan pada saluran nafas. Pada saat terjadi serangan asma, pasien akan mengalami sesak napas atau napas berbunyi yang merupakan kombinasi dari kekejangan, peradangan saluran udara dan peningkatan keluarnya lendir.

Faktor pemicu :

Alergi, seperti perubahan udara, merokok, alkohol, debu, rumah dan bulu binatang dapat memicu serangan asma.

Non Alergi, yang berhubungan dengan faktor seperti kekurangan energi/qi/tenaga, udara dingin, stres, kegelisahan, menangis, tertawa sepenuh hati, dan infeksi virus.

Gejala Klinis : ditandai dengan susah bernapas, bunyi wheezing ‘mengi’ di tenggorokan, rasa penuh di dada, nafas pendek, banyak batuk, sianosis dan orthopnoea

Secara TCM, asma dibagi menjadi 5 diferensiasi sindrom yaitu

1. Asma Dingin, Bagian yang terganggu pada kasus asma dingin adalah fungsi qi atau energi, sehingga mengacaukan peredaran qi di paru-paru, sehingga terjadi sesak napas, pernapasan terganggu, tenggorokan berbunyi, riak encer, berwarna putih.Warna wajah pasien cenderung gelap kehijauan. Sebagai perbandingan, warna wajah orang sehat adalah cerah bercahaya.

2. Asma Panas, Adapun gangguan asma yang panas disebabkan oleh pola makan dan pola hidup. Penderita asma yang panas ini menyukai makanan terlalu asin, pedas, gurih, dan manis. Makanan memang perlu rasa supaya terasa enak, tetapi jangan berlebihan karena menyebabkan gangguan organ tubuh.Gara-gara pola makan dan hidup tak sehat itu, riak dingin berubah menjadi api atau panas, sehingga yin di dalam tubuh terluka ketika terjadi riak panas.

3. Asma karena defisiensi Paru, ditandai dengan keluar keringat dingin, takut angin, mudah terkena flu dan batuk, jika ada perubahan musim maka segera sesak, hidung tersumbat terkadang keluar ingus jernih, nafas pendek suara lemah, sputum (riak) warna putih.

4. Asma akumulasi lembab di Paru karena defisiensi Limpa, ditandai dengan tinja encer, jika memakan makanan berminyak akan diare, lidah hambar, nafas pendek, tidak ada tenaga untuk bersuara.

5. Asma karena defisiensi Ginjal, ditandai dengan nafas pendek, jika bekerja sedikit maka akan sesak, jantung berdebar, nafas berat, kepala berkunang-kunang, telinga berdenging, lambung dingin, ke 4 anggota gerak (tangan dan kaki) dingin, sering berkeringat.

Pada praktik klinis sehari-hari, penyakit asma tidak semudah apa yang ditulis dalam teori kedokteran. Pada kenyataannya banyak faktor pemicu lainnya yang kadang luput dari teori kedokteran. Seperti yang pernah saya alami waktu masih magang di puskesmas.

Pasien perempuan 41 tahun, keluhan utama Asma. Keluhan ini timbul jika pasien cemas, banyak pikiran, dan kelelahan. Pekerja pabrik. Pasien memakai kontrasepsi KB suntik. Sekarang pasien bingung karena sudah tidak mau lagi KB suntik. Keadaan haid selama KB tidak lancar. Keluhan lainnya pusing, mata berat, mual, cepat lelah, dan lama haid sudah sekitar 2 minggu (menorraghia).

Perabaan hara didapati daerah CV14 sakit dan panas disekitar umbilikus. Perabaan meridian sakit di Kid, Li, Liv dan perabaan nadi ada kekacauan di Lung dan Pericardium

Pasien hanya melakukan kunjungan sampai 3x visit, “Sudah lumayan berkurang sakit asmanya…” kata temannya yang dirujuk ke saya. Dan menurut saya 3x visit belumlah cukup mengatasi akar masalahnya, bisa jadi itu hanya bersifat simptomatis dan sementara. Dalam keadaan hormonal yang sudah kacau,terapi intensif serial harus lah dilakukan.

ANALISA

Pada kasus di atas, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan antara lain :

Yang pertama, jika melihat dari manifestasi yang dikeluhkan pasien maka kondisi pusing, mata berat, mual, cepat lelah dapat disebabkan karena durasi haid yg cukup panjang, shg terjadi Xue Xu (kekurangan darah)

Yang ke-2, yg harus di perhatikan juga adalah, bahwa pemakaian alat kontrasepsi, juga mempengaruhi kondisi hormonal pasien, yg pada akar masalah nya akan mempengaruhi performance Kidney (Shao yin kaki Ginjal). Yang mana meridian Ginjal (dalam TCM) adalah meridian yang berpengaruh pada otak, tulang, pembentukan darah, sistem reproduksi, serta menerima qi (energi) dari paru.

Yang terakhir, soal kondisi keluhan asma yang timbul saat tekanan emosi atau kelelahan fisik. Hal ini dipicu oleh pemakaian kontrasepsi KB suntik yang menimbulkan kondisi haid yang berlebihan sehingga jika asupan nutrisi (makanan yang sehat) ke tubuh tidak mencukupi, maka kelelahan dan tekanan emosi akan cukup menganggu kondisi paru-paru. Dalam TCM, paru-paru berpasangan dengan meridian spleen dan usus besar dimana ke-2 meridian ini (spleen dan ususbesar) adalah ‘Sea of Nourishment’ (lautan nutrisi). Jika ke-2 meridian ini (Spleen dan Usus besar) defisien maka Paru2 tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga menimbulkan gangguan asma.

STRATEGI TERAPI

Jadi kalo di perhatikan, maka ini suatu proses terapi yang memerlukan waktu untuk sembuh sempurna. Strategi pertama saya memakai kombo 10 titik untuk mengcover ‘center of function dan center of manifestation’ dan juga memakai combo Logam-Air untuk mensupport fungsi kidney dan Lung nya.

Mengutip tulisan dari guru saya, salah satu titik yang cukup ampuh untuk mengcover keluhan asma secara cepat adalah titik Sp 9 (Yin Lin Quan) yaitu titik He (bawah) meridian Tay Yin Kaki Limpa, dinamika energi dari titik ini adalah :

– Salah satu Fungsi dari titik He adalah untuk meredam Rebelious Qi. Sesak Napas adalah suatu manifestasi dari Rebelious Qi di Lung. Aliran dari qi paru adalah turun kebawah untuk terus masuk ke Dan Tian, dalam hal ini ketika terjadi sesak napas, qi dari paru-paru tidak turun, namun terjadi reversal Flow. Oleh karena itu titik ini sangat tepat untuk di pakai.

– Sp9 adalah titik air. Dengan menusuk titik ini kita juga sedang menstimulasi meredian Ginjal yang bertanggung jawab untuk proses menarik Qi turun ke Dan Tian ( Kesulitan Untuk menarik napas). Oleh karena itu, pemilihan titik ini akan menjawab salah satu penyebab kondisi sesak napas.

– Sebagai titik air, maka akan berakibat untuk menghambat aktivitas Unsur Api, yg dalam hal ini dimanifestasikan oleh sulitnya mengeluarkan udara dari Paru-paru. Kondisi ini terjadi karena ada over activity dari unsur api ( Pericardium ), sehingga terjadi akumulasi dan Stagnasi Qi di jiao atas. Air akan meredam Api.

-Dalam Ling Shu dikatakan bahwa aliran meredian Chong Mai mengcover 3 meredian di Yin kaki , tentu saja dalam hal ini ada suatu relasi yg kuat antara meredian Chong Mai dan Ren Mai yang juga berpengaruh pada kondisi ini.

-Pemilihan titik pada meredian Tay Yin kaki , adalah karena Problem terjadi di Tay Yin Tangan. ini adalah meredian yg berpasangan, suatu prinsip dasar dalam Therapy I Ching – Ba Gua untuk memilih titik distal. Dan tentu saja hal ini juga berguna untuk mengatasi kondisi akumulasi dahak.

Demikianlah sharing tentang akupunktur pada kasus asma.  Untuk lebih jelasnya bisa melakukan konsultasi di klinik.

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta