Standard Prosedur Titik Bl67 untuk Janin Sungsang

Salam sehat,

Ada seorang ibu bertanya, “Assalamualaikum, saya Dewi usia 30 tahun, hamil ke-2 dengan usia 32 minggu. Saya cemas dengan kehamilan saya, karena berdasarkan pemeriksaan dokter berkali-kali, posisi bayi saya masih sungsang. Bagaimana agar posisi bayi cepat mapan biar proses persalinannya nanti lancar?”

JAWAB :

hamilWaalaikumsalam, selamat ya Bunda Dewi atas kehamilannya. Memang setiap ibu hamil pasti ingin proses persalinannya lancar dan berlangsung normal alami. Sungsang adalah posisi janin di dalam rahim berada dengan kepala di atas, padahal seharusnya posisis kepala janin berada di bawah.

Pada dasarnya rahim dirancang untuk memiliki bayi dalam posisi vertikal di akhir kehamilan. Karena sebenarnya di bulan ke-5 sampai ke-7 kepala janin cukup berat, sehingga gaya gravitasi akan membawa kepala berada di bawah.

Teori TCM

Akupunktur dalam aplikasi gynecolog telah terbukti efektif dalam menangani kasus janin sungsang dan aplikasinya sangat mudah. Secara TCM, pada prinsipnya semua gerakan ke bawah adalah tugas dari meridian Yang, terutama Zu San Yang / meridian Yang kaki. Sedangkan meridian Yang kaki ada 3 yaitu ; Yang Ming kaki Lambung, Shao Yang kaki Kandung Empedu dan Tay Yang kaki Kandung Kemih. Diantara ke-3 nya harus dipilih danĀ  di deferensisasi mana yang lebih cocok pada pasien. Pada pelajaran akupunktur dasar, titik akupunktur yang terpilih untuk kasus janin sungsang yaitu BL 67. Titik ini terletak pada kuku jari kaki ke-5 .Mengapa titik Bl 67 begitu efektif untuk bayi sungsang? Bagaimana mekanismenya? Jawabannya akan saya berikan saat sesi kursus.

Standard Operasional Prosedur

bl67Penggunaan moksa Bl67 sangat bagus kira-kira minggu ke-34 kehamilan. Caranya : moksa Bl67 dua sisi (kanan dan kiri) selama 20 menit, dilakukan selama 10 hariĀ  berturut-turut. Akupunkturis akan memberikan contoh kemudian Ibu hamil bisa melanjutkannya dirumah. Penggunaan moksa Bl67 dihentikan jika USG mengkonfirmasi posisi kepala bayi sudah sesuai.

Selain itu cara lain untuk mengubah sungsang ini adalah : Membungkuk+menungging tiap pagi dan sore hari selama 10 menit, Ibu hamil perlu merilekskan pikiran, pakaian perlu longgar, hypnobrithing, ajak buah hati bicara dengan meminta tolong padanya lalu visualisasikan janin bergerak turun dengan kepala menuju ke dalam panggul, lakukan minila 2kali sehari

Sebagai penutup, saya ingin mengquote pernyataan dari teman sejawat akupunkturis yang pernah mengalami janin sungsang dan berhasil diterapi sendiri dengan akupunktur, “Kalau saya waktu kehamilan kemaren, dengan moksa Bl67 selama 10 menit pagi dan sore, tidak ada 1 minggu sudah terasa pergerakan posisi. Moksa dihentikan dan hasil USG menyatakan posisi sudah sesuai.”

So…aplikasi akupunktur dalam mengatasi posisi sungsang ini sangat tinggi keberhasilannya. Selain itu terapi ini akan menghemat biaya persalinan daripada advice operasi cesar. Dan kabar baiknya lagi, akupunktur untuk kehamilan ini, pasien dalam 1x treatment akan mendapat 2 keuntungan sekaligus, yaitu treatment pada ibu+treatment pada bayi. Semoga bermanfaat.

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta