Stroke dan akupunktur

Salam sehat,

DEFINISI : Stroke adalah tanda tanda klinis yang berkembang cepat akibat gangguan fungsi otak fokal (atau global) dengan gejala – gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih atau menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vaskuler (Menurut Medis). Sedangkan menurut TCM stroke dikenal dengan istilah “Zhong Fong” atau “Windstroke”.

Stroke merupakan penyebab kematian yang ke-2 di dunia. Di Amerika Serikat merupakan penyebab kematian ke-3 setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker.

MACAM STROKE :

Menurut medis, macam stroke dibagi atas 3 ;

1. Stoke iskemia trombosis. Terjadi ketika arteri yang mengalirkan darah ke otak menyempit dan biasanya karena kekakuan dan mengerasnya pembuluh darah (atherosclerosis) akibat adanya perubahan di lapisan pembuluh darah di otak karena adanya plak atau deposit kolesterol sehingga terjadi kerusakan pada tempat tersebut dan menimbulkan pembentukan thrombus yang kemudian berkembang terus dan akhirnya dapat menyebabkan pembuntuan pembuluh darah.

2. Stroke iskemia emboli. Ini terjadi pembuntuan pembuluh darah di otak akibat adanya embolus yang lepas dibawa oleh aliran darah menuju pembuluh darah di otak dan embolus ini merupakan akibat sebagian kecil reruntuhan dari pembuluh darah yang mengalami proses “atherosclerosis” atau bagian kecil gumpalan darah yang berasal dari kelainan di jantung.

3, Stroke perdarahan. Ini terjadi oleh karena dinding pembuluh darah di otak robek kemudian darah keluar ke jaringan otak sekitarnya.

Menurut Pola Terjadinya Stroke dapat dibagi menjadi 4 ;

1. Serangan otak sepintas. Gangguan dari serangan ini hanya beberapa jam dan menghilang dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa ada gejala sisa.

2. RIND (Reversible Ischemic Neurogical Defisit) Gangguan  ini berlangsung lebih dari 24 jam tetapi akan kembali normal atau pulih kembali sebelum minggu ketiga berakhir.

3. Progessive Stroke. Merupakan serangan stroke yang berkembang/berlanjut makin hari makin berat.

4. Completed Stroke. Dimana serangan atau gejalanya sudah dalam keadaan menetap dan tidak dapat berkembang lagi.

stroke

STROKE menurut AKUPUNKTUR

Pengertiannya adalah kelainan yang menyerang meridian Yang, yg disebabkan oleh Api dalam. Api akan menimbulkan angin, dimana angin akan menyerang puncak kepala yang menjadi pusat peredaran energi dari seluruh meridian Yang dimana semua meridian Yang bermula dan berakhir di kepala, dan meridian Yang sangat mudah dipengaruhi dan diserang oleh penyebab penyakit yang berasal dari Angin sehingga membuat Hati berlebihan dan bersifat panas.

PENYEBAB ‘WIND STROKE’

1. Ekses Yang Hati

2. Yin xu Ginjal menyebabkan Yin xu Hati

3. Panas yang berlebihan (disebabkan kebiasaan makan yang salah / berlemak) yang mengganggu aliran qi.

BERAT RINGANNYA STROKE

1. Ringan : stroke iskemia

2, Berat ; Stokr perdarahan

GEJALA SISA ; berupa hemiplegia, bicara pelo, afasia (susah bicara), deviasi mulut dan mata, atrofi (otot mengecil), mati rasa anggota gerak, badan lemah

FAKTOR RISIKO STROKE

Faktor risiko yang TIDAK DAPAT DIUBAH : Umur, jenis kelamin, ras, faktor keturunan.

Faktor risiko YANG DAPAT DIUBAH ; hipertensi, kenaikan kadar lemak darah, kencing manis, penyakit jantung, kebiasaaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan.

Faktor risiko YANG MASIH DITELITI ; kurangnya gerak, kegemukan, diet, stress, obat-obatan

stroke1TERAPI AKUPUNKTUR KASUS STROKE

– Pada umumnya pengobatan stoke dengan akupunktur sangat bervariasi tergantung dari pengalaman masing – masing terapis.

– Permulaan terapi akupunktur pada stroke, Jika perdarahan maka 2-3 minggu sesudah kondisi pasien stabil. Jika stroke iskemia maka 1 minggu sesudah kondisi pasien stabil.

– Lama pemberian pengobatan dengan akupunktur.

a. 20 – 30 menit setiap pengobatan

b. 2-3 kali/minggu, berlangsung selama 1 seri

c. Frekuensi tergantung kondisi pasien, tergantung derajat berat ringannya penyakit tersebut

– Macam pengobatan akupunktur yang dipakai untuk stroke

a. Akupunktur tubuh, Beberapa titik akupunktur yang sangat berkhasiat untuk kasus stroke adalah St36, Sp6, Gb34, Lv3, Lv4, Sj5, Pc6, Pc7

b. Akupunktur kulit kepala (Scalp Akupunktur)

c. Akupunktur telinga

d. Akupunktur laser.

Untuk lebih jelasnya tatalaksana dan program pemulihan stroje dengan akupunktur bisa hubungi : Griya Natura Akupunktur : SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F / Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta

griyanatura akp