Sariawan

Pertanyaan : Saya seorang pria 49tahun sejak remaja hingga sekarang, saya sering sekali mengalami sariawan, padahal saya selalu minum vitamin C secara teratur. Bagaimana cara mengatasi agar sariawan ini tidak sering-sering muncul?

Jawaban :

Sariawan adalah peradangan selaput lendir mulut yang menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar. Sariawan dapat berupa luka kecil yang berwarna putih atau bisa berkembang menjadi luka yang dalam dan dilapisi oleh nanah.

Ada banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya sariawan antara lain : stres, hormonal (menjelang menstruasi), pola makan yang tidak seimbang, alergi makanan, trauma (tergigit), kesehatan mulut yang jelek, kekurangan vitamin/mineral (zat besi, Vit B12, asam folat, vit C dll). Disamping hal – hal yang telah disebutkan tadi, ada faktor penyebab yang lebih serius yaitu yang berkaitan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat terinfeksi virus HIV/AIDS.

Pencegahan sariawan yang Anda lakukan sejak dahulu dengan minum Vit C mungkin kurang tepat, karena sariwan masih sering timbul.

Saran kami adalah :

– Perbaiki pola makan (makan teratur, banyak konsumsi sayur dan buah)

– Olahraga teratur

– Istirahat yang cukup

– Hindari stres

– Jaga kebersihan dan kesehatan ┬ámulut

– Perlu dilakukan tes sensitifitas makanan untuk mengetahui faktor alergi terhadap makanan.

Bilamana upaya yang Anda lakukan belum membuahkan hasil, kami sarankan untuk periksa ke dokter, barangkali ada masalah lain yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang perlu ditangani oleh dokter.

Demikian penjelasan kami, mudah – mudahan dapat memberikan gambaran untuk Anda.

griyanatura akp

 

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta