Terapi Akupunktur Kasus Nyeri Kaki

terapi-akupunktur-kasus-nyeri-kakiSalam sehat, pada kesempatan kali ini akan kami share tentang terapi akupunktur kasus nyeri kaki. Ketika tubuh bertambah usianya maka metabolisme semakin lambat, respon imunitas tubuh terhadap benda asing dari luar juga semakin lemah.

Ny. W (57th) datang dengan keluhan nyeri kaki bawah lutut bagian lateral (area GB), kesemutan kaki&tangan. Saat pertama kali datang beliau berjalan dengan agak pincang. Dari pengamatan cara berjalannya saya sudah menduga ada masalah yang terjadi dalam kualitas darah beliau. Saat melakukan pemeriksaan palpasi (perabaan) area yang sakit tersebut saya sentuh beliau langsung menjerit  ‘ahhh….’  Kembali saya menemukan juga sistem otot dan kulitnya ada masalah. Untuk terapi yang pertama saya fokuskan untuk penanganan nyeri di kakinya sambil saya sarankan untuk cek Lab mengenai kecurigaan saya dalam kualitas darah Ibu tersebut. Cek yang saya anjurkan yaitu cek guladarah,cholesterol,asam urat.

Pada kunjungan ke-2 ke klinik akupunktur di Solo (GriyaNatura) ibu tadi membawa hasil cek laboratorium dan saya tanya, “bagaimana cek labnya Bu? apakah kecurigaan saya benar?” Ibu tsb menjawab, “Iya mas…dugaan mas Wahyu benar, ternyata saya ada Diabetesnya. Beliau pekerjaan sehari-harinya sebagai pemilik warung makanan. Saya tanya. “Bagaimana ibu pola istirahat dan makannya?” Ibu menjawab, “Saya kerja terus Mas, dari pagi-malam, pagi-pagi jam 03.00 saya harus bangun menyiapkan masakan. Jadi ya kurang istirahat.” Selain itu beliau juga tidak kontrol dalam makanannya. Terapi kedua kami fokuskan untuk nyeri kaki dan diabetesnya. Saya tanya bagaimana nyeri nya setelah terapi yang ke-2 ini? Beliau mengatakan nyeri hanya berkurang sekitar 30% saja, kesemutan masih ada, kadang hilang timbul.

Pada kedatangan selanjutnya kami fokuskan lagi terapi akupunktur kasus nyeri kaki dan diabetesnya. Beberapa titik yang kami pilih Gb2,Gb3,Sj2,Sj3 untuk menghilangkan nyerinya dan Sp3 Sp4 Sp6 Lv2 Lv3 untuk menormalkan gula darahnya (hormonal pankreas).  Setelah kunjungan ke 6,7,8 mulai ada progresnya. Beliau datang sudah dengan jalan yang tegap, ketika saya sentuh area nyerinya sudah berkurang 60%, yang masih tersisa adalah gula darah belum normal. Kesemutan sudah berkurang sekitar 40%. Saya sarankan untuk menuntaskan terapinya sampai 15kali terapi.

Pada kunjungan ke 13,14,15 kami cek lagi untuk area nyeri kakinya, saya sentuh sudah tidak menjerit-jerit lagi, kesemutan sudah hilang…gula darah mendekati normal sekitar 110mg/dL yang sebelumnya 250mg/dL….Selain pola makan dan aktivitas, pikiran juga harus dijaga untuk menstabilkan kondisi gula darahnya. Selama terapi, pasien murni akupunktur+diet diabetes+menjaga istirahat dan pikiran. Penusukan titik akupunktur secara tepat dengan diagnosa yang benar akan membantu pasien ke arah penyembuhan yang lebih baik.

Kesehatan Anda adalah aset berharga yang Anda miliki.

griyanatura akp

 

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta