Terapi Sinusitis Kronis

Seseorang bernama Tuan M, datang dengan keluhan utama sinusitis yang parah. Kepala terasa sangat sesak, sehingga ia tidak dapat pergi bekerja selama beberapa hari. Karena ia adalah seorang pengusaha dan harus selalu berhadapan dengan publik, akan sangat memalukan bila ia tidak dapat menutup mulutnya, melainkan harus tetap membukanya agar dapat bernafas lega.

Tentu saja ia memiliki semua gejala yang timbul bersama penyakit sinusitis, misalnya : sakit kepala, pendengaran yang kadang – kadang memburuk, rasa gugup dan mudah marah, lambung terganggu dsb. Secara alami, sebenarnya meridian – meridian di kaki sudah menunjukkan gejala-gejala tersebut dan itu saya ketahui ketika melakukan terapi pada beliau pertama kalinya.

Sesudah penusukan pada kedua kaki (konsentrasi meridian Sp dan Bl) dan pada setiap meridian yang sakit, saya berkonsentrasi pada reflek meridian di perut bagian kanan dan kiri. Bila pembaca sekalian mendapat masalah pada sinus (lubang yang menghubungkan rongga hidung dengan tempurung kepala) maka area reflek abdomen kanan dan kiri ketika ditekan/pressure/pijat akan ada rasa sakit.

Bagian yang tidak kalah penting untuk diterapi adalah pada bagian meridian Li, Lu dan Si. Dimana meridian Li/Usus besar berjalan dari jari telunjuk menuju kepala berakhir di cuping hidung dengan kata lain segala permasalahan/problem hidung bisa dikaitkan dengan meridian Li/Usus besar. Sedangkan meridian Lu/Paru berfungsi untuk mengelola kelembapan di hidung dan meridian Si/Usus kecil sebagai meridian ‘opening’ yang berfungsi untuk memproteksi tubuh dari serangan patogen (angin+lembab). Beberapa titik yang cukup ampuh untuk keluhan sinus antara lain Li4, Li10, Li11, Lu9, Lu5, Si3 dan Si4.

Setelah dilakukan sesi penusukan, saya memperhatikan bahwa Tuan M terlihat merasakan kelegaan pada bagian kiri kepalanya ketika saya menusuk titik-titik Li/Usus besar. Tiba-tiba ia dapat bernafas melalui lubang hidung sebelah kiri “Ah…betapa leganya….” serunya.

IMG-20130716-WA0009Kemudian untuk memperkuat efek terapinya saya berkonsentrasi pada area Back Shu (titik-titik meridian di punggung). Dengan beberapa jarum dan moksa terapi, beliau berkata, “Setelah dilakukan tusukan beberapa tahap tadi sekarang rasa tersumbat pada bagian kanan kepala saya terasa terbuka/hilang, saya jadi lebih enak bisa bernafas dengan longgar seperti pada orang normal…” Lalu dia melanjutkan : “Sempat ragu juga apakah akupunktur bisa memperbaiki masalah sinus ini. Semoga perawatan ini bisa menuntaskan permasalahan sinusitis saya…”

Sambil tertawa, saya bercerita kepadanya bahwa saya mendengar kata-kata yang sama setiap hari, alhamdulillah..memang akupunktur adalah salah satu metoda pengobatan yang efektif dan efisien untuk kasus pernapasan. Tanpa banyak intervensi obat kimia, pasien bisa menjadi sembuh secara alami.

Tuan M datang rutin seminggu 2x untuk menuntaskan terapi sinusitisnya. Semakin hari kondisinya semakin prima dan membaik. Pada minggu ke 3 alergi dingin pada pagi hari yang sering dia dapatkan sekarang sudah berkurang drastis. Sehingga ia tidak perlu ketakutan untuk melakukan jalan-jalan di pagi hari. Selain itu stamina bekerjanya juga semakin membaik. Tuan M yang seorang pengusaha pastilah membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan usahanya agar tetap berjalan dengan baik. Akupunktur dengan nyata memberikan hasil terapi dengan optimal dengan minimal efek samping.

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta