Testimoni….

Ada inbox dari teman sejawat saya, Mbak Putri Amelia, menanyakan tentang kondisi tantenya yang sudah 5 tahun menderita kesemutan ibu jari+jari manis.

“Mau tanya lagi Mas Wahyu…Tante saya 5 tahun yang lalu rasa gak enak di daerah belikat kanan, tetapi dibiarkan saja, hanya dipijat-pijat hilang nanti timbul lagi. Setahun terakhir ini terjadi rasa menyut dan kesemutan sampai menjalar ke jari-jari tangan kanan. Jari yang paling menyut jari jempol dan jari manis. Saking sakitnya kalau pegang pulpen atau pisau gak kuat karena terasa sekali sampai kepala menahan rasa menyutnya. Itu karena apa yah Mas? Masih bisa diakupunktur tidak tante saya?”

Screenshot_2013-11-13-11-38-46

Pemeriksaan lain : Cek kualitas darah hanya didapat tensi diatas normal 170/100 mmHg. Saat tensi tinggi tante teman saya ini muntah-muntah dari pagi sd sore, pernah operasi pengangkatan myoma. Sedangkan untuk diabetes,cholesterol,asam urat normal semua. Cek abdomen untuk area pencernaan juga tidak ada keluhan.

Teori Medis, Penyebab dari kesemutan adalah karena aliran darah yang tidak lancar atau sarafnya lemah. Kesemutan paling sering dirasakan di tangan, kaki, wajah. Penyebab lain adalah : Posisi duduk atau berdiri telalu lama, kurangnya aliran darah ke daerah tertentu (seperti ada penumpukan plak dari aterosklerosis di kaki dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan), tekanan pada saraf tulang belakang, kondisi diabetes, defisiensi tiroid, multiple sklerosis, kejang, migrain, atau sakit kepala biasa, tingkat abnormal kalium, kalsium, atau natrium dalam tubuh, kekurangan vitamin B12.

Secara TCM, kesemutan bisa disebabkan oleh defisiensi qi (energi), stagnasi qi dan darah, kekurangan darah (Xue xu), kekurangan nutrisi, lemahnya fungsi meridian Tayyin dan Jueyin, trauma.

DIAGNOSIS : Dari keluhan tante teman saya didapat kelainan qi di meridian Lung dan Sj. Selain itu kemungkinan ada saraf kejepit di area punggung. Untuk mengetahui secara jelas apakah ada saraf kejepit bisa diperiksakan di Rumah sakit.

REPORT setelah terapi :

1. Dari 4 kali terapi ada penurunan tensi dari 170/100 mmHg menjadi 160/90 mmHg. Kesemutan dan linu di tangan berkurang sedikit, tapi kalau bekerja banyak atau pakai motor langsung kambuh linunya sampai-sampai harus berhenti dulu pakai motor. Waktu saya tes tangannya bergerak dari samping ke atas tidak kesemutan tapi kalau tangannya bergerak dari depan ke atas langsung kesemutan terutama jari jempol+jari manisnya.

2. Terapi ke-5 sesuai saran saya, Mbak Putri Amelia mengubah strategi terapinya, didapat hasil : Kemaren saya terapi dan sesudah jarum ditusuk saya suruh gerak-gerakin tangannya ke segala penjuru, alhamdulillah hilang (saya dan pasien sangat senang), tetapi ketika saya suruh menulis baru 1 menit jari tangan langsung kesemutan lagi sampai menjalar ke pundak dan belikat,..tambahan lidah pasien tiap bangun pagi pasti kesemutan tapi kalau sudah minum air putih lama-lama hilang sendiri.

3. Setelah mengubah lagi strategi terapi maka didapat hasil : Untuk gangguan hipertensinya sudah membaik, kesemutan sudah lumayan berkurang, walaupun kadang untuk bawa motor masih berhenti 1x untuk istirahat tangannya, kalau sebelumnya bisa sampai 3x istirahatnya…Hehe Thanks Mas Wahyu…Sedangkan kalau menulis masih kesemutan tapi tidak separah waktu pertama kali dulu yang belum sampai 1 menit sudah kesemutan sampai belikat…pokoknya udah lumayan ada perubahan Mas, thanks…..

testputri

testputri2

 

 

 

 

 

 

 

STRATEGI TERAPI :

1. Terapi awal sd terapi ke-4 fokus strategi balance meridian yang mana meridian LU balance dengan Li, Bl, Sp dan meridian SJ balance dengan meridian Pc, Lv, Gb

2. Terapi ke-5 karena masih ada kesemutan jika menggerakkan tangan ke arah depan dan atas, maka titik-titik meridian Yang Ming Kaki Lambung perlu ditambahkan.

3. Terapi yang ke-6 saya gunakan titik image, yaitu titik awal = titik akhir. Dalam hal ini titik Lu1,2,Sp1,2,Bl67,66,Gb44,43. Titik tersebut sangat berkhasiat untuk menghilangkan nyeri pada ujung jari tangan maupun kaki.

Pada kunjungan ke-6 tante teman saya sudah lumayan sekali perubahannya. Dari yang tadinya sangat terganggu jari jempol+manisnya menjadi lebih nyaman dan leluasa melakukan pergerakan. Pada kasus kronis (lebih dari 1 tahun keluhannya) dan dilihat dari riwayat pasien yang ‘acuh’ terhadap kesehatannya menjadikan terapinya harus dilakukan secara rutin , jika tidak akan sangat membahayakan kesehatan seperti athropy jari2 tangan, kelemahan otot tangan, lumpuh dan terjadi penurunan kualitas hidup dari penderita. Semoga bermanfaat.

Kesembuhan itu terletak pada 3 hal yaitu : Tepat diagnosa, Tepat obatnya dan Diijinkan sembuh oleh Alloh SWT

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta