Wasir Sembuh Secara Alami

Wasir berasal dari kata hindi yang mana sering dipakai di Indonesia, sedangkan kata hemorhoid berasal dari bahasa Yunani yaitu haem : darah dan rhoos : mengalir, jadi perdarahan di anus disebut hemorrhoid. Sedangkan di Amerika dan Inggris memakai istilah piles yang berasal dari bahasa latin yang berarti bola. Istilah lain yang sering digunakan adalah ambeien yang berasal dari bahasa Belanda.

Terjadinya Wasir

Wasir dapat diartikan sebagai suatu benjolan yang ada disekitar anus yang didalamnya terdapat pembuluh darah balik (vena), otot dan jaringan ikat elastis. Anus sendiri merupakan suatu muara usus besar tempat keluarnya kotoran hasil dari pencernaan makanan.

Gejala Wasir : Perdarahan anus berupa darah segar yang bercampur dengan feces (tinja) berupa garis atau menetes saat BAB (buang air besar), terdapat benjolan di anus bila diraba dengan tangan, terjadi ras nyeri bila wasir terjepit atau terjadi infeksi disertai perlukaan daerah anus karena feces yang keras, keluarnya cairan pada anus sehingga anus terasa basah dan terus gatal-gatal.

Jenis wasir : Internal dan Eksternal

Hemorrhoid Internal terjadi dalam 4 derajat, yaitu : Grade 1, terjadi perdarahan tetapi tidak ada tonjolan rektum, Grade 2 terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan sendirinya, Grade 3 terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan bantuan tangan, Grade 4 terjadi tonjolan rektum disertai dengan bekuan darah dan tonjolan ini menutupi muara anus.

Hemorrhoid Eksternal  menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

Penyebab

  • kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare),
  • nutrisi (diet rendah serat),
  • peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang) => duduk teralu lama, kehamilan, persalinan
  • tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan
  • Kurang olah raga, penuaan, genetika

Perlu Operasi??

Tidak selalu intervensi bedah merupakan pilihan terakhir bila perubahan gaya hidup dan pengobatan tidak berhasil. Intervensi bedah hanya dilakukan dengan indikasi tertentu, sesuai derajat, keluhan dan fasilitas yang ada. Misalnya terlalu besar hingga tidak berfungsi lagi, perdarahan tidak berhenti dan telah menyebabkan anemia, nyeri yang luar biasa akibat benjolan terjepit atau thrombosis, terjadi infeksi ataupun komplikasi yang lainnya. Namun wasir sembuh dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan tanpa bedah, meskipun benjolan tetap ada.

Terapi akupunktur kasus wasir

Pada kesempatan kali ini akan saya ulas salah satu kasus wasir yang saya jumpai di klinik.

1. Sdr. AT, Laki-laki 23tahun,Karanganyar

Menderita wasir tipe eksternal. Keadaan pertama kali saat datang dia mengatakan bahwa setiap hari BAB berdarah dan tonjolan wasirnya sudah berada di luar. Keluhan ini terjadi sekitar 1tahunan. Disertai nyeri, sekitar 1 bulan terakhir terkadang darah bisa keluar sendiri tanpa BAB.

Pada terapi 1st saya tusuk titik Liv3, St37, Li6 dan Pc6. Untuk mengurangi peradarahan saat BAB maka saya gunakan titik Bl40, 57 dan Sp9 (semua titik saya bleed). Selang 3 hari, pada kunjungan ke-2 saya tanyakan bagaimana kondisi wasirnya? Dia katakan, selang sehari setelah diterapi, BAB masih berdarah, tetapi pada hari berikutnya BAB sudah tidak berdarah, nyeri berkurang dan tonjolan yang ada di luar sudah lebih kecil.

IMG_20131230_101431

Kunjungan ke-2 masih dengan menggunakan titik yang sama terapi wasir lebih saya intensifkan. Prinsip terapinya adalah mengurangi perdarahan, membantu mengecilkan tonjolan pembuluh darah dan mengurangi nyeri. Untuk menstabilkan terapinya diperlukan sekitar 8x kunjungan intensif terapi.

2. Bp. HW, 38tahun, Sukoharjo

Menderita wasir tipe internal. Keluhannya saat ia datang adalah Pembuluh darah dubur keluar setelah BAB, perlu istirahat 15-30 menit pasca BAB, nyeri waktu duduk, tidak ada perdarahan.

Riwayat wasir sudah lebih dari 10 tahun. Karakter tubuhnya cenderung panas. Keluhan lain di tubuh ada maag, kembung, kencing anyang-anyangan, pernah menderita typus. Riwayat hidupnya pernah mengkonsumsi alkohol, sering begadang, merokok, over work.

Perabaan nadi ditemukan kelemahan di Liver dan Kidney. Hara diagnosa ada rasa tidak nyaman disekitar Cv14-12 dan St25.

bleedwasir

Pada pasien Bp. HW ini terapi berlangsung selama 8x kunjungan. Terjadi fluktuasi hasil terapi yang mana pasca kunjungan 1st pasien merasa lebih enak (pembuluh darah lebih cepat masuk, nyeri banyak berkurang). Akan tetapi setelah kunjungan ke-2 sampai ke-5 pasien kembali merasakan seperti pada kondisi yang dikeluhkan saat pertama kali datang.

Setelah mengadakan pemeriksaan lebih detail lagi, saya lakukan perubahan strategi terapi. Fokus kunjungan ke-6 adalah pemakaian meridian Liver yang berfungsi sebagai ‘penguasa kontraksi’ bagi pembuluh darah dan otot. Dan hasilnya setelah kunjungan ke-6,7 dan 8 pasien sudah merasakan kondisi pembuluh darah yang keluar lebih cepat masuk dan tidak mudah keluar jika BAB.

Terapi Herbal untuk Wasir

wasirherbalWasir type panas : bisa dipilih daun ungu/pegagan

Wasir type dingin : bisa dipilih kapulaga+habbatussauda

Saran dan Anjuran

  1. Makan – makanan serat tinggi kurang lebih 30 gram/hari. Lebih banyak makan buah, sayuran, biji – bijian untuk melembutkan dan meningkatkan volume feces (tinja).
  2. Banyak minum air putih
  3. Olahraga atau aktif bergerak akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena mencegah konstipasi (sulit BAB).
  4. Cegah posisi duduk dan berdiri terlalu lama
  5. Jangan mengejan
  6. Jagalah daerah anal tetap bersih untuk menghindari infeksi dan iritasi
  7. Jika timbul rasa nyeri dan bengkak, kompres air dingin sangat membantu mengatasi keluhan

griyanatura akp

 

 

SMS/WA 085799111937 / Pin BB 238D829F
Jl. Sidoluhur 57, Laweyan, Surakarta